logo yayasan mujahidin

Sedang memuat ...

Berita

Foto UPZ Mujahidin Pontianak Layani Muzakki dengan Standar Pencegahan Covid-19

UPZ Mujahidin Pontianak Layani Muzakki dengan Standar Pencegahan Covid-19

Portal Yayasan Mujahidin Kalbar, Zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerima, seperti fakir miskin dan semacamnya, sesuai dengan yang ditetapkan oleh syariah. 

Staf bagian Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Roni Siswono menyampaikan bahwa UPZ Mujahidin ditengah situasi pandemi Covid-19 tetap dibuka untuk melayani umat muslim agar dapat menunaikan rukun Islam ke empat, yakni berzakat.

Ada tiga pelayanan yang disediakan oleh UPZ  yakni stand ramadan, jemput zakat di rumah Muzakki (orang yang membayar zakat) dan layanan zakat online melalui transfer," jelasnya.

Lebih lanjut, Roni mengatakan  dalam pelaksanaannya, UPZ Mujahidin tetap menjalankan Prosedur Tetap (Protap) kesehatan sesuai yang dianjurkan oleh pemerintah. Terutama zakat yang dilakukan secara langsung di stand. Hal ini guna  meminimalisir penyebaran wabah Covid-19.

Muzakki wajib memakai masker dan mencuci tangan ditempat yang telah kami disediakan. Setelah itu, mengisi daftar untuk pembayaran zakat dan terjadilah akad, antara Muzakki dan panitia zakat.

"Kami juga menyediakan masker. Setelah kami terima (zakatnya) kemudian kami doakan/akadkan. Tidak ada jabatan tangan ataupun bersentuhan," tegasnya.

" untuk tahun ini yang terbaru adalah zakat via online, Muzakki membayar melalui bank. Setelah itu, kami akan buatkan tanda terima zakat. Kemudian kami fotokan dan saat itulah akad terjadi, Selanjutnya kami akan menelpon Muzakki untuk konfirmasi  terkait akadnya," tambahnya.

Roni pun berharap umat muslim yang berkewajiban membayar zakat, dapat segera menunaikannya di awal bulan Ramadan agar dapat segera disampaikan kepada para mustahiq