logo yayasan mujahidin

Sedang memuat ...

Berita

Foto UPZ MUJAHIDIN  GELAR RUQYAH SYARIYYAH DESA DABONG KUBU RAYA

UPZ MUJAHIDIN GELAR RUQYAH SYARIYYAH DESA DABONG KUBU RAYA

PORTAL YAYASAN MUJAHIDIN KALBAR,  Bekerjasama dengan  Qur’anic Healing Internasional , Unit  Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Raya Mujahidin menggelar Ruqyah Syar’iyah. Kegiatan tersebut bertajuk  “ Tabligh Akbar Ruqyah Syar’iyyah Massal “ diadakan di Masjid Nurul Huda Dusun Selamat Jaya (Sembuluk) Dabong Kabupaten  Kubu Raya  pada Sabtu (11/9).

Kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 19.00 diikuti oleh 100 jamaah dengan  antusias mengikuti berlangsungnya kegiatan. acara ini mengangkat tema pentingnya ruqyah syar’iyyah sebagai salah satu metode penyembuhan dalam islam.

Bertindak sebagai Narasumber Ruqyah Syar’iyyah tersebut adalah Ustadz Fanny Kurniawan, ST. Seorang Praktisi Ruqyah dan juga pengurus QHI (Qur’anic Healing Internasional).

Sebelum dilaksanakan Ruqyah dilaksanakan terlebih dahulu Tausiyah oleh Ustad Nasution Usman yang juga menjabat sebagai  ketua UPZ Mujahidin.

Dalam penyampaian tausiyahnya beliau menyampaikan tentang wajib bagi kita untuk mengilmui  tentang iman  dengan benar supaya membuahkan akidah yang benar pula kepada Allah SWT.

Ia juga menyampaikan tentang pentingnya memohon pertolongan kepada Allah , tentang rukun iman dapat memperkokoh iman kita kepada Allah ‘Azza wa Jalla.

Keesokan pagi harinya (12/01) dilanjutkan dengan pelaksanaan Ruqyah yang langsung dipimpin oleh Ustadz Fanny Kurniawan. Sebelum ruqyah beliau memberikan pemahaman terlebih dahulu. Ia menyampaikan Ruqyah Syar’iyyah merupakan sebuah teknik terapi penyembuhan dengan cara membacakan ayat ayat Al Qur’an dan do’a do’a  dari Alqur’an kepada  orang yang di ruqyah.  Sesuai dengan ketentuan – ketentuan dalam Alqur’an dan As Sunnah sebagaimana dicontohkan pada masa Rasulullah SAW. Ruqyah juga menjadi salah satu media untuk membentengi diri  dari gangguan sihir.

Ustadz Fani memaparkan bahwa terdapat dua jenis ruqyah yaitu ruqyah syar’iyyah dan ruqyah syirkiyyah. Ruqyah syar’iyyah menujuk kepada ruqyah yang sesuai dengan tuntutan yang disyariatkan yaitu dengan metode terapi Alqur’an, sementara ruqyah syirkiyyah merujuk pada praktik ruqyah yang didalamnya tidak sesuai syariat, yaitu mengindikasikan perilaku perilaku syirik atau menyekutukan Allah SWT. 

Di kesempatan yang sama , Kepala Desa Dabong  menyampaikan ucapan terima kasih kepada UPZ Mujahidin yang  telah menghadirkan kegiatan ruqyah ini di desa Dabong. Dengan harapan semoga kegiatan ini kemudian dapat memberikan pemahaman dan kesempatan kepada masyarakat Dabong mengetahui tentang ruqyah syar’iyah lebih dalam.  (tt)