logo yayasan mujahidin

Sedang memuat ...

Berita

Foto SUKSES PKM SE KALBAR 2019, TAHUN DEPAN SEMOGA MENJADI TINGKAT  NASIONAL

SUKSES PKM SE KALBAR 2019, TAHUN DEPAN SEMOGA MENJADI TINGKAT NASIONAL

PORTAL YAYASAN MUJAHIDIN KALBAR, Hari Jum’at,  tanggal 1 November 2019 pukul  15.30 - 17.00 Remaja Mujahidin Kalimantan Barat kembali melaksanakan kegiatan Perkampungan Muslim (PKM) Remaja Masjid SeKalimantan Barat. Kegiatan Perkampungan Muslim (PKM) tersebut mengusung tema “ Dari Masjid Untuk Negeri “ .

Dalam sambutannya Ketua Panitia Pelaksana, Abdul Hafidz, menyampaikan bahwa  kegiatan PKM Remaja Masjid se Kalbar ini dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 1 sampai dengan 3 November 2019. Dengan jumlah peserta mencapai 216  orang yang merupakan perwakilan dari 7 kabupaten dan kota di Kalimantan Barat , dengan peserta terbanyak untuk tahun ini dari kubu raya sejumlah 50 peserta.

“kegiatan ini dimaksud sebagai ajang silaturahmi sesama remaja masjid dan bertukar pengalaman serta mengembangkan solusi dari perkembangan  masalah masalah yang terjadi di masing masing remaja masjid.” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama juga  Ketua Remaja Masjid Raya Mujahidin , Muhammad Iqbal , juga menyampaikan bahwa tema yang  di angkat oleh panitia ini didasarkan pada ikhtiar untuk menyatukan semangat rekan-rekan remaja masjid yang ada di kalimantan Barat untuk selalu aktif dan bersemangat dalam membentangan kebermanfaatan yang berbasis kemasjidan. Dan ia menambahkan harapannya  untuk tahun tahun ke depan agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan skala nasional.

Pembukaan PKM dilakukan oleh Ketua Lembaga Pemuda dan Remaja , dalam hal ini di wakilkan oleh Sekretaris Eksekutif, Andre. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa   para remaja dan pemuda adalah bibit cikal bakal perubahan di negara Indonesia ini, oleh karenanya semangat pemuda dan remaja harus di asah, di tempa , agar memiliki dasar yang kuat. Dan penguatan dari masjid inilah diharapkan mereka dapat menjalankan estafet hidup bangsa ini yang baik dan benar.  karna dahulu sumpah pemuda pun juga diinisiasi oleh para remaja dan pemuda saat itu.

Adapun kegiatan PKM terdiri dari

1. Pembukaan

2. Diskusi tentang kondisi remaja masjid di masing-masing daerah

3. Seminar kemasjidan tentang Transformasi fungsi masjid di era revolusi industri 4.0 yang di isi oleh   

     Prof Thamrin Usman, DEA selaku Ketua Umum yayasan Mujahidin , perwakilan BANK kalbar,  

     Perwakilan pemprov serta dari  BKPRMI kalbar

4. Muhasabah untuk negeri

5. Tabligh akbar tentang peran anak muda

6. Dan diakhiri dengan Wisata islami ke Istana kadariyah dan masjid jami’