logo yayasan mujahidin

Sedang memuat ...

Berita

Foto Radio Mujahidin Siarkan Dakwah Melalui Ekonomi Kreatif

Radio Mujahidin Siarkan Dakwah Melalui Ekonomi Kreatif

Portal Yayasan  Mujahidin Kalbar, Sebagai bagian dari salah satu rangkaian acara untuk menyambut Hari Jadi Kota Pontianak yang ke-248, Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Pontianak mengadakan kegiatan Festival Kuliner yang diselenggarakan sejak Rabu, 16 Oktober hingga 20 Oktober 2019. Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Parkir Ayani Mega Mall Pontianak, dengan menghadirkan berbagai pelaku ekonomi kreatif.

            Pada kegiatan yang resmi dibuka oleh Wakil Walikota Pontianak pada Rabu, 16 Oktober 2019 tersebut menghadirkan pameran berbagai jenis kuliner Pontianak, produk-produk Kriya, Galeri Seni, Diskusi kreatif, Bazar Buku, pameran industri Media, hingga Literasi turut meramaikan seluruh area festival kuliner.

            Dalam kesempatan ini, Radio Mujahidin atau yang lebih akrab dengan sebutan Mujahidinfm merupakan bagian dari 16 subsektor dalam ekonomi kreatif yakni media (Televisi dan Radio) memiliki peran penting dalam menangkap peluang perekonomian pasar yang saat ini mengalami kemajuan pesat akibat era digitalisasi. Dan menjadi satu-satunya Radio Lokal Kalimantan Barat yang menjadi mitra Disporapar Kota Pontianak bidang ekonomi kreatif untuk berpartisipasi.

Radio mungkin dianggap kuno dan ditinggalkan, tidak bagi Mujahidinfm. Hal ini dikarenakan semangat dakwah yang disertakan dalam setiap aura penyiar dan konten-konten yang disiarkan difrekuensi 105,8 fm. Mengusung konsep Miniatur Masjid Mujahidin sebagai bagian dari Masjid Mujahidin, seluruh kru yang bertugas menyulap area pameran yang telah disediakan panitia tampak seperti Masjid Mujahidin dalam ukuran lebih kecil. Selain itu, suasana yang coba dirasakan oleh pengunjung terkesan bersahabat namun tetap eksklusif.

Untuk itulah, dalam kesempatan ini pula Mujahidinfm mengambil andil untuk mensiarkan dakwah melalui ekonomi kreatif. Menyiarkan murottal, adzan, budaya dan adab-adab Islam, serta konten-konten Islam lainnya. Selain itu, mendukung kegaitan festival kuliner 2019 yang mengangkat isu-isu literasi di masyarakat. Maka, Mujahidinfm mengusung sebuah Creative Talkshow dengan tema “Industrialisasi Radio di Era Digital” untuk menyampaikan eksistensi dan peluang-peluang media, khususnya Radio diera digital.

Creative Talkshow

Creative Talkshow tersebut berlangsung pada kamis, 17 Oktober 2019 pukul 11.32 – 12.55 dan dihadiri sebanyak 50 peserta. Talkshow tersebut dinarasumberi oleh Dr.M.Irfani,SE.Msi sebagai Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura, Andre Widiyanto dari Pro 2 RRI Pontianak dan M.Thaufani perwakilan dari MujahidinFM. Dalam diskusi yang berdurasi kurang lebih 83 menit tersebut, ketiga narasumber berdiskusi peluang yang dapat ditangkap oleh Stasiun Radio baik dalam ruang lingkup nasional maupun lokal.

Dalam kesempatan  acara Creative Talkshow, Dr.M.Irfani  yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Perekonomian dan Perdagangan Yayasan Mujahidin Kalbar menyampaikan bahwa bukan tidak mungkin kedepannya akan muncul inkubator bisnis halal melalui Radio (17/10/19). Searah dengan apa yang disampaikan, Bang Andre perwakilan dari Pro 2 RRI dan M.Thaufani dari Mujahidinfm juga sepakat bahwa Radio masih sangat memainkan peran penting dalam kemajuan industri ekonomi kreatif.

Direktur Mujahidinfm, Ery ,  mengungkapkan penting bagi semua subsektor untuk memajukan ekonomi kreatif  khususnya media dan  Mujahidinfm yang bergenre dakwah juga ikut serta dalam kemajuan ekonomi kreatif, seperti penyampaian trend halal yang saat ini sedang mewabah diberbagai sektor perekonomian dunia.

 “Kedepannya, Mujahidinfm diharapkan menjadi Radio yang dapat terus menyiarkan dakwah Islam keseluruh belahan dunia dan tidak menutup kemungkinan menjadi Radio percontohan sektor ekonomi kreatif sehingga peluang ekonomi di era digital ini  dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengembangkan industri Radio guna kemaslahatan ummat.” Ujar Ery

Oleh : Nurhayati,S.Hub.Int (Bendahara Mujahidinfm)