logo yayasan mujahidin

Sedang memuat ...

Berita

Foto MUJAHIDINFM DAKWAH LEWAT KESEHATAN MELALUI RADIO JALANAN REBORN

MUJAHIDINFM DAKWAH LEWAT KESEHATAN MELALUI RADIO JALANAN REBORN

Portal Yayasan Mujahidin Kalbar, Ahad 26/01/20—MujahidinFM awali Tahun 2020 M dengan berdakwah melalui kesehatan, momen hari gizi nasional ke-60 (Sabtu,25/01-20) lalu diisi dengan rangkaian kegiatan yang melibatkan masyarakat dan berbagai lembaga pemerintahan. Diawali dengan menghadirkan narasumber dalam program siar langsung berjudul “Hidup Sehat” yang disiarkan setiap Sabtu pukul 10 pagi, khusus hari gizi dihadiri langsung oleh Ibu Reina Anita, SKM,MPH dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat menyuarakkan pentingnya memahami pemenuhan kebutuhan gizi sehari-hari kepada ikhwahfillah pendengar Radio Mujahidin.

Selain disiarkan melalui frekuensi 105,8 Fm, masih dalam momen yang sama kegiatan on air juga turut menggalakkan pentingnya pemenuhan kebutuhan gizi secara langsung ditengah-tengah masyarakat. Kegiatan tersebut bertajuk “Radio Jalanan Reborn”, program ini merupakan remake dari program serupa “Radio Jalanan” yang menghadirkan kegiatan langsung dan menampilkan langsung kru MujahidinFM yang sleama ini hanya berada dibalik meja siar. Program yang sempat wara – wiri hadir ditengah-tengah masyarakat dan perdana untuk kali pertama setelah sekian lama belum terlaksana, akhirnya kembali dihadirkan untuk mengobati rasa rindu masyarakat pada Ahad lalu.

Radio Jalanan Reborn besutan Tim Kreatif MujahidinFM ini sukses mengajak kurang lebih 200 masyarakat di area Car Free Day Jalan Ahmad Yani didepan Masjid Mujahidin untuk berolahraga bersama dan mendapatkan sosialisasi seputar gizi. Masyarakat yang hadir merupakan utusan dari berbagai lembaga seperti Ibu-Ibu PKK, Pelajar, Mahasiswa/I, PNS,Persatuan Orang Melayu(POM) KALBAR dan anggota POLDA KALBAR tercatat menghadiri kegiatan yang terdiri dari berbagai agenda.

Pertama, Kegiatan diawali dengan olahraga bersama terdiri dari ; (1)Warming Up, (2)Senam sehat jantung, (3)senam Gizi seimbang, (4)senam maumere, dilanjutkan dengan (5)Cooling Down dan (6) Games menarik, dipimpin langsung oleh instruktur Senam (Jeje,24,) mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga FKIP UNTAN yang berdurasi selama 1 jam. Kedua, Kegiatan dilanjutkan dengan Sambutan oleh Bpk. Dr.Sidig Handanu Widoyono,M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak) dan dibuka oleh Komisaris MujahidinFM yang juga merupakan Ketua STIKES Kapuas Raya Sintang, Bpk.Dr.Uray B.Asnol MM.M.Kes. Ketiga, dilanjutkan dengan hiburan dari POM KALBAR yakni penampilan Seni Pantun Melayu dan Pencak Silat dari Perguruan Kijang Putih Bersaudara (PKPB). Penampilan hiburan, diselingi pembagian sarapan sehat dan pemeriksaan gratis oleh Tim Media Lab.Pramitha yakni; pemeriksaan tekanan darah, gula darah, massa index tubuh dan konsultasi gizi secara gratis.

Kegiatanpun ditutup dengan Interactive Talkshow pada pukul 07.30 – 08.45 WIB bertema “Gizi Optimal Untuk Generasi Milenial” bersama Ibu Herkulana Farida, SGz,MPH, Dr.Sidig Handanu Widoyono,M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak) dan Bpk. Ir.Aulia A,Arief,M.Si (Kepala Bidang Keluarga Sejahtera/Pemberdayaan Keluarga : BKKBN) dengan Host Ukhti Yesi yang merupakan penyiar segmen Kesehatan di MujahidinFM dan Akh Kamil Onte. Pada Talkshow tersebut kembali digalakkan pentingnya gizi, bagaimana asupan gizi yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari sampai manajemen asupan gizi dalam rumah tangga, setelah itu masyarakat juga diajak berdiskusi melalui Tanya jawab berhadiah sepanjang segmen Tanya jawab Talkshow berlangsung.

Kita jangan melihat orang dikumpulin disuruh senam gerak-gerak , jangan!. Tapi kita lihat pelaksanaannya yang mana kami tetap menjaga batasan antara lawan jenis, dan peserta yang hadir semuanya menjaga batasan aurat, terkecuali memang non-muslim, karena memang niat kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian MujahidinFM terhadap kesehatan ummat, yang mana dengan dijaganya asupan gizi maka secara otomatis kesehatan dan stamina tubuh menjadi kuat, apabila tubuh sehat maka insyaallah ibadah lebih semangat.” Ujar Ukhti Hayati, salah satu tim pelaksana dari MujahidinFM.

Sekecil apapun itu, memang rahasia niat hanyalah Allah SWT dan pemilik hati yang megetahui. Melalui kegiatan ini masyarakat diharapkan tidak hanya mendapat hiburan dan pemeriksaan kesehatan gratis, namun juga membawa pulang ilmu yang bermanfaat serta dapat diterapkan sekembalinya kerumah masing-masing. MujahidinFM mengucapkan terimakasih banyak karena kesuksesan kegiatan ini tentu tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak diantara lain:

  1. Yayasan Mujahidin
  2. Remaja Mujahidin
  3. PERSAGI Kota Pontianak
  4. Pegadaian Syari’ah
  5. BKKBN
  6. Lososa Garam Sehat
  7. Lab.PRAMITHA
  8. POM KALBAR ; Perguruan Kijang Putih Bersaudara
  9. Enggang Drone Community
  10. Air Mineral SF-Qua
  11. Restoran ALILA
  12. Bubur Qishya
  13. Dan masih banyak pendukung lain.