logo yayasan mujahidin

Sedang memuat ...

Berita

Foto MEMBANGUN UMMAT YANG MODERAT “ UMMATAN WASATHAN”

MEMBANGUN UMMAT YANG MODERAT “ UMMATAN WASATHAN”

Khutbah Jumat Masjid Raya Mujahidin ke 2126 _ 24 januari 2020

Ustadz Drs H M Husain Hamzah

Tema : Membangun Umat Yang Moderat “Ummatan Wasathan “

Rekaman  video khutbah di https://www.youtube.com/watch?v=uH5GONycDNE

 

Salah satu tujuan utama diturunkannya Alquran adalah untuk membentuk umat yang mampu mengaplikasikan risalah Al Quran dalam kehidupannya, mendidik generasi mendatang berdasarkan petunjuknya, menyebarkan risalahnya, kasih sayang dan kebaikan kepada seluruh manusia.

Ketika islam datang ia menciptkan perubahan besar dalam semua bidang kehidupan. Islam mengajarkan untuk meninggalkan segala bentuk fanatisme  , berperang dalam fanatisme dan mati dalam fanitisme.

Islam menginginkan dalam membanun umat harus berdasarkan pada akidah bukan berdasarkan pada materi, etnis, warna kulit dan wilayah karena manusia tidak mempunyai kesempatan untuk memilih karena semua itu adalah nasib yang telah digoreskan pada setiap manusia dari Allah SWT.

Islam menginginkan kaum muslimin menjadi umat yang menisbatkan dirinya kepada kebenaran yang berdasarkan pada akidah dan risalah yang diajarkan Rasulullah SAW, bukan menisbatkan diri kepada suku ( kabilah )

Allah SWT berfirman :

“....Dia (Allah) telah menamai kamu  sekalian orang-orang muslim dari dahulu. Dan (begitu pula) dalam (Alquran) ini, supaya rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia ... “(al-Hajj:78).

Itulah sebabnya umat yang diharapkan AlQuran itu selalu dipanggil dengan panggilan “ Wahai orang – orang yang beriman ”

Alquran menyebutkan empat sifat keutamaan ummat islam, yaitu

1. Rabbaniyah

Yaitu umat yang dibangun oleh Allah SWT dan dididik oleh ajaran  dan  hukum hukumnya, hingga lengkap agamanya dan kenikmatan Allah SWT secara sempurna diberikan kepada mereka

2. Moderasi

Yaitu adalah yang membuat umat ini berkompetensi untuk menjadi saksi atas manusia, hal ini tertera dalam Alquran di surah al baqarah ayat 143, yang artinya “ dan demikian pula kami jadikan kamu (umat islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan)kamu..”

3. Dakwah

Ia adalah umat dakwah bukan umat yang mengisolasi dirinya dan memonopoli risalah kebenaran, kebaikan. Dan hidayah bagi dirinya sendiri. Sebaliknya, dakwah adalah wajib bagi mereka. Amar ma’ruf nahi munkar berdasarkan keimanan kepada Allah SWT adalah keistemewaan dan kelebihannya.

4. Kesatuan

Umat yang diinginkan oleh islam adalah umat yang satu walaupun ia dibangun  dari bermacam etnik, warna kulit dan kelas sosial. Semua itu telah dilebur oleh islam dalam naungannya. Islam melenyapkan perbedaan-perbedaan diantara mereka kemudian mengikat jiwa mereka dengan ikatan yang kuat dan tak tergoyahkan.