logo yayasan mujahidin

Sedang memuat ...

Berita

Foto Khutbah Jum’at Masjid Raya Mujahidin ke 2153

Khutbah Jum’at Masjid Raya Mujahidin ke 2153

Jum’at, 21 Shafar 1442 / 9 oktober 2020

Khatib : H.M Azman Alka, M.Ag,

Tema :  Kesempurnaan Sholat Membawa  Kejayaan Islam

Link video khutbah di  https://www.youtube.com/watch?v=dnH-t7XtGqY

Dalam khutbahnya, khatib mengawali dengan menyampaikan hadits rasulullah yang berisi tentang amalan pertama yang dihisab adalah sholatnya. Bila sholatnya baik, maka baik pula seluruh amalannya, dan sebaliknya apabila rusak sholatya maka rusak pula seluruh amalannya yang lain.  Sehingga sholat merupakan tonggak yang menjadi pengaruh bagi amalan yang lain. Oleh karenanya mari kita sempurnakan sholat  dengan sungguh sungguh.

Dalam suatu riwayat rasulullah pernah berjumpa dengan seseorang yang baru saja melaksanakan sholat, beliau bertanya apakah kamu sudah sholat? Ia menjawab sudah ya rasulullah, lalu rasulullah berkata sesungguhnya kamu belum sholat. Maka sholatlah kamu. Sampai tiga kali orang itu melakukan sholat. Namun rasulullah tetap saja mengatakan sesungguhnya kamu belum sholat. Lalu rasulullah mengingatkan orang itu maka sholatlah kamu dan tumaminalah kamu.

Cerita ini menggambarkan bahwa sholat yang sempurna itu dilakukan dengan tumaminah atau tenang tenang melakukan gerakan dan tenang dalam membacanya.

Dalam khutbahnya , khatib juga menyampaikan tentang betapa pentingnya sholat berjamaah, sehingga rasulullah selalu mendatangi masjid setiap saat azan berkumandang. Setiap rasulullah mengimami jamaahnya, beliau selalu meningatkan kepada jamaah agar merapatkan dan meluruskan shafnya. Lalu beliau imami dengan sempurna. Setelah selesai beliau pun memberikan tausiyah untuk menguatkan hati dan jiwa jamaahnya. Dilembutkannya orang yang memiliki kelebihan harta, dan dikuatkan hati orang yang berkekurangan. Keduanya dikuatkan dengan tali silaturahim dan kasih saying. Belum puas rasulullah bila orang yang berkelebihan harta betul betul memberian bantuannya ke orang yang tak punya. Dan belum puas pula hati beliau sebelum si miskin terbimbing ke kehidupan yang lebih baik.

Dalam khutbahnya, khatib mengajak semua agar kita dapat menyempurnakan sholat sesuai tuntunan yang telah diajarkan rasulullah, dan selalu memakmurkan masjid. Bangkitnya umat muslim ini senantiasa sejalan dengan makmurnya masjid.

(toto)