logo yayasan mujahidin

Sedang memuat ...

Berita

Foto Khutbah Jum'at 22 Januari 2021

Khutbah Jum'at 22 Januari 2021

Inti Khutbah :

Khutbah jum’at di Masjid Raya Mujahidin Pontianak

(BERSEGERA BERAMAL SHALIH)

22 Januari 2021/ 09 Jumadassaniyah 1442

KH TUSIRANA RASYID

Link Video Khutbah :  khttp://youtube.com/watch?v=_4FYoQgh45k

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

ان الحمد لله,نحمده و نستعينه ونستغفره ونعوذبالله من شرور انفسنا

ومن سيئات اعمالنا من يهد الله فهو المهتد ومن يضلل فلن تجد له

وليا مرشدا اشهد ان لا اله الا الله وحده لا شريك له واشهد ان

محمدا عبده ورسوله ارسله بالهدى ودين الحق ليظهره على الدين كله

ولو كره الكافرون اللهم صل وسلم وبارك على سيد الانبياء والمرسلين

محمدِ وَعلى اله وصحبه اجمعي ن

وبعد : فيا ايها الناس اتقوا الله.... وقال تعالى ياايها الذين امنوا اتقوا الله

حق تقاته ولا تموتن الا وانتم مسلمون...... فاتقوا الله مااستطعتم

واسمعوا واطيعوا وانفقوا خيرا لانفسكم ومن يوق شح نفسه فاولىئك هم

المفلحون .

ياايها الذين امنوا ات قوا الله وقولوا قولا سديدا يصلح لكم اعمالكم ويغفر

لكم ذنوبكم ومن يطع الله ورسوله فقد فاز فوزا عظيما.

Kaum muslimin yg dikasihi dan dirahmati Allah, mari kita syukuri nikmat iman wal islam dari Allah untuk kita, hingga dengan nikmat itulah kita ringan hati untuk menuju jalan keridhaan Allah dengan menunaikan kewajiban dan perintahnya.

Dan marilah kita bertaqwa kepada Allah dengan sebenar benarnya taqwa, dan janganlah kita mati

kecuali dalam keadaan sebagai orang muslim yg hanya berserah diri, tunduk dan patuh kepada Allah.

Jamaah sekalian yang dirahmati Allah. Dengan terus bergulirnya waktu, maka kita berada di tahun 2021 ini, untuk itu, mari kita berbenah diri melangkah mengisi waktu yang terus kita lalui yang tidak akan pernah lagi kembali.

لن ترجع الايام التى مضت

Tidak akan pernah kembali hari hari yg telah lewat.

Jamaah sekalian, Seorang ahli hikmah dan Budayawan timur tengah, ( Syami Basya Albarudi) mengumpamakan bahwa hidup itu seperti

pakaian yang melekat di badan, dan kita semua tahu, bahwa pakaian itu apabila sudah usang akan kita tanggalkan

ان الحياة لثوب سوف تخلعه وكل ثوب اذا ما رث ينخل ع

Sesungguhnya hidup itu seperti pakaian yang akan engkau lepas dari badan, dan pakaian itu apabila telah usang akan terlepas dikemudian. Akan tetapi kenapa kita selalu lalai,

Oleh karena itu mari kita buat catatan catatan

1-Sesungguhnya semua manusia itu pada hakikatnya adalah muslim dalam pengertian tunduk dan patuh tanpa bisa membantah atau tidak bisa menolak atas ketentuan Allah kepada mahluqnya baik suka rela ataupun terpaksa.

افغيردين الله يبغون

وله اسلم من فى السموات والارض طوعا وكرها واليه يُرجعون

Maka mengapa mereka mencari agama yang lain selain agama Allah, padahal apa yang di langit dan di bumiberserah diri kepadanya, baik dengan suka maupun terpaksa, dan hanya kepada-Nya mereka dikembalikan. ( Ali Imran 83 )

Sesungguhnya semua manusia, baik yang muslim maupun yang tidak, semua tunduk dan patuh kepada ketentuan Allah yg berlaku

ولله يسجد من فى السموات والارض طوعا وكرها وظلالهم بالغدو

والاصال )سورة الرعد 15 )

Dan semua sujud kepada Allah baik yang di langit maupun yang di bumi, baik dengan kemauan sendiri maupun terpaksa, (dan sujud pula) bayang bayang mereka, pada waktu pagi dan petang. (surah Arra’d 15)

Dilahirkan kecil lemah kemudian berangsur angsur besar kuat dan dewasa, kemudian tua renta dan kembali lemah lunglai, dan ini berlaku untuk semua, hingga berahir dengan kematian yaitu saat semua mahluq datang ajal kematian yg tidak bisa dielakkan.

2. Dan bagi kita yang muslim, telah dengan suka rela ikut dan mematuhi Allah, dengan menjalankan ibadah sesuai dengan perintah-Nya, maka kita mendapat gelar sebaik baik mahluq Allah (khairul bariyyah) bukan hanya saat di dunia ini saja tetapi hingga diahirat kelak.

ان الذين امنوا وعملوا الصالحات اولىئك هم خير البري ة

Sesungguhnya orang orang yang beriman dan mengerjakan amal kebajikan (amal shalih), mereka itu adalah sebaik baik mahluq. (al bayyinah 7)

Adapun sebaliknya, orang orang kafir itu oleh Allah diberi gelar “sejahat jahat mahluq”

ان الذين كفروا من اهل الكتاب والمشركين فى نار جهنم خالدين فيها

اولىئك هم شر البرية

Sungguh orang orang kafir dari golongan ahli kitab dan orang orang musyrik akan masuk ke dalam neraka jahanam, mereka kekal di dalamnya

Mereka itu adalah sejahat jahat mahluq. ( albayyinah 6.( juga Allah akan menempatkan mereka sebagai umpar bakar Neraka :

ان الذين كفروا لن تغنى عنهم اموالهم ولا اولادهم من الله شيئا والىئك

هم وقود النار

Sesungguhnya orang orang yang kafir, bagi mereka tidak akan berguna sedikitpun harta benda dan anak anak mereka terhadap (azab) Allah. Dan merka itu adalah menjadi bahan bakar (umpan) api neraka. (Ali Imran 10).

3-isi waktu yang kita lalui dengan iman dan bersegera beramal shalih

من عمل صالحا من ذكر او انثى وهو مؤمن فلنحيينهم حياة طيبة

ولنجزينهم اجرهم باحسن ما كانوا يعملون

Barang siapa yang mengerjakan amal shalihbaik laki laki maupun perempuandan dia dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanyakehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan balasan (pahala) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (anNahl 97)

Dalam hal ini Rasulullah Muhammad saw bersabda

بادروا بالاعمال الصالحة فستكون فتنا كقطع الليل المظلم يصبح الرجل

مؤمنا ويمسى كافرا ويمسى مؤمنا ويصبح كافرا يبيع دينه بعرض من

الدنيا )الحديث رواه مسلم (

Bersegeralah berbuat amal shalih. (karena) akan terjadi fitnah fitnah (cobaan/ujian yang datangnya) bagaikan potongan malam yang gelap. Saat pagi, seseorang masih dalam keadaan muslim, dan sore hari menjadi kafir, dan di sore hari dia dalam keadaan muslim, dan pagi hari besuknya dia telah menjadi kafir, dan menukar agamanya dengan nilai harga dunia.

Apa yang dimaksud dengan seseorang pagi muslim dan sorenya kafir....yaitu sebagaimana contoh, bahwa saat pagi dia masih beramal shalih tetapi dalam perjalanan waktu yang dia lalui, dia berbuat amal jahat sebagai perbuatan dari cabang cabang kekufuran...maka orang ini telah berbuat dengan kekufuran, dan seandainya dia mati sebelum bertaubat kepada Allah maka dia boleh jadi dalam keadaan berbuat perbuatan kekafiran dan inilah yang menjadikan dia su’ul khatimah.

Begitu juga saat sore dia masih beramal shalih, malam yang dilalui dia berbuat maksiat dan ini cabang dari kekufuran, maka dia pagi besuknya telah menjadi kafir secara perbuatan. Mereka

menukar dan memilih harga dunia (kemaksiatan dari pada amal kebajikan.....(HR Muslim)

Kalau ini menjadi penutup hidupnya, maka dia telah dalam keadan su’ul khatimah. Bhkan di hari pembalasan nanti, Allah akan membangkitkan manusia seperti saat keadaan dia mati. Kalau beriman dan beramal shalih maka dia akan dibangkitkan dg baik dan dalam ridha-Nya dan jika mati dalam berbuat maksiat di ahir hidupnya, maka akan dibangkitkan dalam kemurkaan Allah dan jauh dari rahmat-Nya

Dalam sahih muslim dari sahabat Jabir Rasulullah saw bersabda :

يبعث كل عبد على مات علي ه

Setiap hamba akan dibangkitkan dalam keadaan seperti keadaan dia mati.

Maka mari berbuat amal amal shalih dan jangan menunda nunda karena kita tidak tahu apa yg akan terjadi pada diri kita sendiri besuk hari

ان الله عنده علم الساعة وينزل الغيث ويعلم ما فى الارحام وما تدرى

نفس ماذا تكسب غدا وما تدرى نفس باي ارض تموت ان الله عليم خبير

)سورة لقمان 34 )

Sesungguhnya hanya bagi Allah ilmu tentang hari qiyamat. Dan dia yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tidak ada seseorang yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan dikerjakan besuk. Dan tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sungguh, Allah maha mengetahui, maha mengenal. (surah Luqman 34)

Dan karena kita tidak bisa mengetahi pasti akan keadaan kita esuk pagi, maka pastikan niat kita untuk senantiasa bersegera baeramal shalih., dan senantiasalah bersangka baik kepada Allah, supaya persangkaan itu diijabahi oleh Allah

لا يموتن احدكم الا وهو يحسن الظن بالله عز وجل )رواه مسلم (

Rasulullah saw bersabda : janganlah seorang diantaramu mati kecuali dia bersangka baik kepada Allah.

Bersangka bahwa Allah tidak akan menganiaya kita selama kita punya niat dan beramal kebajikan....dan jauhilah niat jahat dan amal maksiat.

Semoga Allah memasukkan kita ke dalam hamba hamba-Nya yg senantiasa berniat baik dan

bersegera kepada amal amal shalih dan kebajikan, aamiin.

بارك الله لى ولكم بالقران العظيم ونفعنى واياكم بما فيه من الايات

والذكرالحكيم وتقبل الله منا ومنكم تلاوته انه هو السميع العليم.

اقول قولى هذا واستغفر الله العظيم لى ولكم ولسائر المسلمين

والمسلمات والمؤم نين والمؤمنات واستغفره انه هو الغفور الرحيم.