logo yayasan mujahidin

Sedang memuat ...

Berita

Foto Khutbah Jum'at  Masjid Raya Mujahidin Kalbar 19 Febuari 2021 _ 7 Rajab 2021

Khutbah Jum'at Masjid Raya Mujahidin Kalbar 19 Febuari 2021 _ 7 Rajab 2021

PERSIAPAN MENYAMBUT RAMADHAN 1442 H.

Oleh: H. Fatahillah Abrar, S.Ag, M.Si.

Link Video https://www.youtube.com/watch?v=M5LPcTZh0KI

Khutbah Jum’at, 7 Rajab 1442 H di Masjid Raya Mujahidin.

Segala puji mari senantiasa kita haturkan kehadirat Allah SWT atas limpahan nikmat, ‘inayah, hidayah dan taufiq yang telah Allah SWT anugerahkan kepada kita semua.

Sholawat dan salam semoga  selalu terlimpahkan kepada kekasih kita Nabi Muhammad SAW.

Kita bersyukur Allah SWT pertemukan kita dengan bulan Rajab, yaitu tepatnya tanggal 7 Rajab 1442 H. Bulan Rajab adalah salah satu dari 4 bulan yang dimuliakan Allah, yaitu Dzulqi’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab, dimana balasan yang diberikan kepada orang yang beramal shalih dilipat gandakan oleh Allah, demikian pula orang yang berbuat maksiat.

Bertemunya kita dengan bulan Rajab artinya tidak lama lagi kita akan bertemu dengan bulan Ramadahan. Insya Allah 52 hari lagi kita akan bertemu dengan bulan Ramadhan 1442 H. Bulan yang penuh dengan keberkahan. Target dari ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadhan adalah agar kita menjadi insan yang bertaqwa. Agar kita sukses dalam ibadah di bulan Ramadhan dan meraih predikat taqwa, maka kita harus melakukan persiapan yang maksimal untuk itu. Ibarat, siswa yang akan ujian, agar mereka sukses maka mereka harus melakukan persiapan yang matang.

Adapun beberapa hal yang harus kita persiakan dalam menyambut Ramadhan adalah:

1. Persiapan Fikriyah/Ilmu.
Inilah saatnya bagi kita untuk mempelajari hal-hal terkait  Ramadhan. Jangan belajar tentang Ramadhan di dalam bulan Ramadhan, karena sudah terlambat. Ibarat ketika ujian, seorang siswa bertanya kepada temannya tentang jawaban soal ujian tersebut. Pemahaman yang lengkap tentang Ramadahan akan membuat kita lebih maksimal dalam beribadah di bulan Ramadhan.

 

2. Persiapan Ruhiyah
Bulan Ramadahn adalah bulan yang suci, dan yang bisa menikmati Ramadhan adalah orang-orang yang berupaya untuk mensucikan diri. Semakin bersih dirinya, maka akan semakin mampu untuk menikmati Ramadahan. Ibarat ketika kita ingin mendengarkan siaran radio Mujahidin FM, maka radio kita harus berada pada frekwensi yang sama dengan Radio Mujahidin FM. Banyak orang bertemu dengan Ramadhan, tapi tdk banyak yang bisa menikmati Ramadhan, karena mereka berbeda frekwensi dengan Ramadahan. Agar frekwensi kita sama dengan Ramadahan, yang harus kita lakukan adalah, perbanyak taubat, puasa sunnah, dan amaliah-amaliah sunnah yang lainnya. Dalam hal mempersiapkan ruhiyah, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam mencontohkan kepada umatnya dengan memperbanyak puasa di bulan Sya’ban, sebagaimana yang diriwayatkan ‘Aisyah ra. berkata:” Saya tidak melihat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menyempurnakan puasanya, kecuali di bulan Ramadhan. Dan saya tidak melihat dalam satu bulan yang lebih banyak puasanya kecuali pada bulan Sya’ban” (HR Muslim).

3. Persiapan Fisik
Ibadah di bulan Ramadhan menuntut kondisi tubuh yang fit. Kita tidak akan bisa sempurna beribadah di bulan Ramadahan jika sakit-sakitan. Maka jadikan bulan Rajab dan Sya’ban ini waktu untuk melatih fisik agar tidak sakit ketika beribadah di bulan Ramadhan. Kita tidak akan bisa maksimal  berpuasa jika dalam kondisi sakit. Oleh karena itu, kita dituntut untuk menjaga kesehatan fisik, kebersihan rumah, masjid dan lingkungan. Rasulullah mencontohkan kepada umat agar selama berpuasa tetap memperhatikan kesehatan. Hal ini terlihat dari beberapa peristiwa di bawah ini :
• Menyikat gigi dengan siwak (HR. Bukhori dan Abu Daud).
• Berobat seperti dengan berbekam (Al-Hijamah) seperti yang diriwayatkan Bukhori dan Muslim.
• Memperhatikan penampilan, seperti pernah diwasiatkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam kepada sahabat Abdullah ibnu Mas’ud ra, agar memulai puasa dengan penampilan baik dan tidak dengan wajah yang cemberut. (HR. Al-Haitsami).

 

4. Persiapan Materi.                                                                                        

 Harta yang halal akan menjadikan ibadah kita di bulan Ramadahan semakin  berkualitas. Kita perlu menyiapkan harta untutk menyambut Ramadahan. Alangkah baiknya ketika kita telah menabung selama 11 bulan sebagai bekal ibadah Ramadhan, sehingga ketika datang Ramadhan, kita dapat beribadah secara optimal bahkan kita bisa memperbanyak shadaqah di bulan Ramadhan. Rasulullah adalah orang yang sangat dermawan, tapi di bulan Ramadhan kedermawanan beliau melebihi hembusan angin.  

 

Khutbah Kedua: